Pemberontak Houthi dan Pemerintah Yaman Saling Tukar Ratusan Tahanan

Umaya Khusniah · Jumat, 01 Oktober 2021 - 14:19:00 WIB
Pemberontak Houthi dan Pemerintah Yaman Saling Tukar Ratusan Tahanan
Pemberontak Houthi. (Foto: Reuters)

SANAA, iNews.id - Pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi bertukar 206 tahanan. Sebanyak 70 pejuang milisi Houthi ditukar dengan 136 tahanan dan warga sipil yang diculik.

Sebuah kelompok militer yang berafiliasi dengan tentara Yaman, Poros Militer Taiz menyatakan, pertukaran tahanan digelar di Distrik Sami, Provinsi Taiz, Rabu (29/9/2021). Sebagian besar dari 136 orang itu merupakan warga sipil yang diculik dari pos pemeriksaan dan jalan-jalan. 

Dilansir dari Anadolu, beberapa kesepakatan pertukaran tahanan telah berhasil dicapai antara pasukan pemerintah dan Houthi. Oktober lalu, pemerintah Yaman dan Houthi menukar 1.056 tahanan dari kedua belah pihak selama dua hari. Ini merupakan pertukaran tahanan terbesar sejak awal perang keduanya.

Dari ribuan tahanan tersebut, 15 di antaranya dari Saudi dan empat warga Sudan. 

Pada tahun 2018, negosiasi diadakan antara pemerintah dan Houthi di Swedia. Kedua pihak memberikan daftar lebih dari 15.000 tahanan dan orang yang diculik. Namun, tidak ada jumlah tahanan yang akurat dari kedua pihak. Keduanya terus salling culik satu sama lain selama perang.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014. Saat itu, pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: