Pemerintah AS Lolos dari Shut Down, Senat Setujui Anggaran hingga Februari 2022

Anton Suhartono ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 10:09:00 WIB
Pemerintah AS Lolos dari Shut Down, Senat Setujui Anggaran hingga Februari 2022
Senat AS menyetujui rancangan anggaran federal, menghindari penutupan pemerintahan (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Senat Amerika Serikat (AS) akhirnya menyetujui rancangan anggaran federal pada Kamis (2/12/2021) waktu setempat, sehingga mencegah penutupan pemerintahan atau shut down. Anggaran tersebut berlaku sampai pertengahan Februari 2022.  Rancangan itu akan diserahkan ke Presiden Joe Biden untuk ditandatangani.

Beberapa politisi Partai Republik sempat menunda pengesahan rancangan sebagai protes atas diwajibkannya vaksinasi Covid-19 terhadap para pekerja oleh pemerintahan Biden dari Demokrat. Mereka mengusulkan amandemen atas aturan tersebut.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, 69 senator mendukung melawan 28 yang menolak pendanaan pemerintah sampai 18 Februari 2022. Pengesahan ini memberikan waktu lebih lama bagi Biden untuk menandatanganinya sebelum dana yang ada habis pada Jumat tengah malam.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS lebih dulu menyetujuinya meskipun dengan selisih suara tipis. Sebanyak 221 suara mendukung, melawan 212 yang menolak. Hanya satu politikus Republik yang mendukung rancangan tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: