Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei Disuntik Vaksin Covid Buatan Dalam Negeri

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 25 Juni 2021 - 20:21:00 WIB
Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei Disuntik Vaksin Covid Buatan Dalam Negeri
Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, disuntik vaksin Covid buatan dalam negeri di Teheran, Jumat (25/6/2021). (Foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id – Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, menerima suntikan vaksin Covid pertama yang dikembangkan oleh negara itu. TV milik Pemerintah Iran melaporkan pada Jumat (25/6/2021).

Khamenei mengatakan, dia tidak tertarik mengambil vaksin buatan luar negeri. Menurut dia, lebih baik menunggu vaksin buatan Iran sendiri daripaada menggunakan produk asing. “Karena kita harus bangga dengan kehormatan bangsa ini,” tuturnya setelah dikutip Reuters, hari ini.

Pada Januari lalu, Khamenei melarang impor vaksin dari Amerika Serikat dan Inggris. Langkah tersebut menjadi cerminan ketidakpercayaannya dan negaranya terhadap Barat.

Perusahaan farmasi Iran, Shifafarmed, membuat vaksin corona bernama COVIran Barekat. Vaksin itu dibuat berdasarkan virus yang dinonaktifkan. Studi pertama tentang keamanan dan efektivitas vaksin tersebut dimulai pada akhir Desember lalu.

Otorisasi darurat penggunaan COVIran disetujui pekan lalu setelah negara itu menghadapi masalah impor vaksin dalam jumlah memadai. Iran adalah negara yang paling terpukul di Timur Tengah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2