Pemimpin Uni Eropa Tak Sepakat KTT G20 Diboikot jika Putin Hadir

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 27 Juni 2022 - 12:40:00 WIB
Pemimpin Uni Eropa Tak Sepakat KTT G20 Diboikot jika Putin Hadir
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. (Foto: Reuters)

BERLIN, iNews.id – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tidak sepakat dengan gagasan untuk memboikot KTT G20 jika Presiden Rusia Vladimir Putin ambil bagian dalam pertemuan itu.

“Kita harus berpikir sangat hati-hati untuk menutup seluruh (agenda) G20. Saya tidak menganjurkan itu. Saya pikir ini adalah badan (organisasi) yang terlalu penting,” kata von der Leyen kepada lembaga penyiaran Jerman, ZDF, di sela-sela KTT G7, Minggu (27/6/2022).

Dia menuturkan, anggota G20 dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk berbicara dengan Putin secara langsung. “Karenanya, dia (Putin) juga harus mengambil sikap,” ucap perempuan itu.

Von der Leyen menekankan, format G20 tidak hanya penting bagi negara-negara maju, melainkan juga untuk negara-negara berkembang. Karenanya, organisasi antarpemerintah itu menurut dia harus dipertahankan.

KTT G20 tahun ini akan diadakan di Bali, Indonesia, pada November.

Pada April lalu, Uni Eropa menyatakan bahwa Indonesia menjadi satu-satunya pengambil keputusan terkait masalah pengiriman undangan KTT G20. Sebab, Indonesia saat ini memegang kepresidenan G20 sekaligus tuan rumah untuk pertemuan tersebut pada November.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda