Pendiri Partai Oposisi Turki Ditahan atas Tuduhan Spionase Politik dan Militer

Umaya Khusniah · Selasa, 30 November 2021 - 07:09:00 WIB
Pendiri Partai Oposisi Turki Ditahan atas Tuduhan Spionase Politik dan Militer
Pemimpin Partai DEVA, Babacan berbicara selama konferensi pers di Ankara. (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Pendiri oposisi Turki, Partai Demokrasi dan Kemajuan (DEVA), Metin Gurcan ditahan. Dia dipenjara atas tuduhan 'spionase politik dan militer'.

Gurcan merupakan pensiunan anggota Angkatan Bersenjata Turki yang membantu mendirikan DEVA dengan Ali Babacan. Dia juga mantan wakil perdana menteri dan menteri di bawah Presiden Tayyip Erdogan. Selain itu, Gurcan juga seorang analis pertahanan.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi pada Senin (29/11/2021), Babacan mengatakan DEVA dan para pengacara akan mendukung Gurcan sampai akhir. Partai tersebut belum mengetahui tentang rincian penyelidikan.

"Karya Gurcan didasarkan pada open source. Dia tidak memiliki akses ke rahasia negara," kata Babacan.

Pekan lalu, Babacan mengatakan penahanan Gurcan merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari krisis ekonomi, yang ditandai dengan jatuhnya mata uang ke posisi terendah sepanjang masa.

Lira telah kehilangan sebanyak 25 persen dari nilainya sejak awal pekan lalu karena kekhawatiran tentang pemotongan suku bunga agresif yang didukung oleh Erdogan.

DEVA dan partai-partai oposisi lainnya telah menyerukan pemilihan mendesak di tengah krisis lira, tetapi pemerintah mengatakan pemilihan presiden dan pemilihan umum akan diadakan sesuai rencana pada Juni 2023. 

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: