Pendirinya Bercerai, Bagaimana Nasib Bill and Melinda Gates Foundation?

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 07:05:00 WIB
Pendirinya Bercerai, Bagaimana Nasib Bill and Melinda Gates Foundation?
Pendiri Microsoft, Bill Gates (kiri), bersama istrinya, Melinda. (Foto: Reuters)

SEATTLE, iNews.idMiliarder dermawan Bill Gates dan istrinya, Melinda, memutuskan untuk bercerai di usia 27 tahun pernikahan mereka. Keputusan pasangan itu mengguncang dunia filantropi.

Keduanya terdaftar sebagai pimpinan di yayasan yang mereka dirikan bersama, yaitu Bill and Melinda Gates Foundation. Organisasi nirlaba yang berbasis di Seattle, Washington, AS itu pertama kali diluncurkan pada 2000. 

Yayasan tersebut menutup laporan keuangan 2019 dengan aset bersih mencapai 43,3 miliar dolar AS (Rp623,5 triliun), seperti diungkapkan pada situsnya. Sejak 1994 hingga 2018, Bill dan Melinda telah menghibahkan lebih dari 36 miliar dolar AS dari kekayaan mereka kepada yayasan tersebut.

Bill and Melinda Gates Foundation memfokuskan perhatiannya pada isu-isu kesehatan masyarakat, pendidikan, dan perubahan iklim. Sumbangsih yayasan itu antara lain dalam bentuk dukungan kepada para pembuat vaksin, tes diagnostik kesehatan, dan perawatan medis potensial untuk pandemi virus corona, hingga; pengembangan toilet bertenaga surya.

Sampai berita ini diunggah, Bill and Melinda Gates Foundation belum menanggapi permintaan komentar dari wartawan tentang bagaimana organisasi itu akan dijalankan ke depan, pascaperceraian dua pendirinya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2