Pengendara Sepeda Motor Tewas Diserang Burung Gagak

Anton Suhartono · Senin, 16 September 2019 - 16:50 WIB
Pengendara Sepeda Motor Tewas Diserang Burung Gagak

Burung gagak serang pengendara motor di Australia hingga tewas (Foto: ABC.net)

SYDNEY, iNews.id - Seorang pria pengendara sepeda motor berusia 76 tahun di Wollongong, Australia, tewas setelah burung gagak tiba-tiba menukik menabrak korban, Minggu (15/9/2019).

Korban kehilangan keseimbangan, menabrak pagar, lalu terjatuh membentur jalanan. Petugas medis mengatakan korban meninggal sebelum tiba di rumah sakit.

Peristiwa ini terjadi beberapa pekan setelah Hills Shire Council, wilayah yang bertetangga dengan Sydney, melakukan perburuan besar-besaran terhadap gagak yang agresif karena kerap melukai warga. Menurut saksi mata, gagak seperti sengaja menyerang wajah pengendara meskipun menggunakan helm.

Aksi perburuan gagak itu dikecam warga.

"Saya sangat marah sehingga saya bahkan tidak mau berkomentar," kata seorang warga, yang ikut terdampak serangan gagak.

Namun, ada pula yang menganggap bahwa tindakan perlu dilakukan bagi hewan pengganggu.

"Dewan (kota) biasanya tidak melakukan tindakan untuk mengusir burung gagak, prosedur yang biasa dilakukan adalah memasang rambu-rambu di wilayah yang berisiko, karena burung umumnya hanya agresif selama 4 hingga 6 pekan per tahun," kata seorang juru bicara dewan.

"Dengan memperhatikan jumlah aduan, korban luka, risiko terkait dengan lokasi, dan setelah kehabisan semua alternatif untuk mengurangi risiko, dewan mengeluarkan izin dari Taman Nasional dan Margasatwa untuk melibatkan pengendali hama yang secara manusiawi membius burung untuk mencegah jatuhnya korban lebih lanjut," ujarnya, menambahkan.

Editor : Anton Suhartono