Pentagon Kirim 320 Tentara Tambahan ke Perbatasan AS-Meksiko

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 30 April 2019 - 08:18 WIB
Pentagon Kirim 320 Tentara Tambahan ke Perbatasan AS-Meksiko

Tentara AS di perbatasan dengan Meksiko. (Photo: Eric Gay/AP Images)

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan mengerahkan sekitar 320 tentara tambahan ke perbatasan selatan dengan Meksiko. Hal itu dilakukan untuk membantu para pejabat imigrasi.

Pasukan itu akan dikerahkan hingga akhir September. Mereka akan menambah sekitar 2.900 pasukan militer serta 2.000 anggota Garda Nasional yang saat ini sudah ditempatkan di perbatasan.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Jamie Davis mengatakan, pasukan akan membantu mengangkut imigran, memantau kesejahteraan imigran dalam tahanan, dan menyediakan pemanas serta makanan.

Pasukan tidak ditugaskan untuk melakukan fungsi penegakan hukum.

"Dalam situasi apa pun yang mengharuskan personel DoD berada dekat dengan para imigran, personel penegak hukum DHS (Departemen Keamanan Dalam Negeri) akan hadir untuk melakukan semua fungsi penahanan dan penegakan hukum," kata Davis, seperti dilaporkan AFP, Selasa (30/4/2019).

Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan imigran tiba di Meksiko, terutama orang Amerika Tengah yang ingin melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan. Presiden AS Donald Trump menggambarkan mereka sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Dia juga mengatakan pekan lalu bahwa AS akan mengirim tentara bersenjata ke perbatasan selatan setelah tentara Meksiko baru-baru ini "menembakkan senjata" ke pasukan AS.

Trump mencuit di Twitter bahwa "kafilah yang sangat besar dengan lebih dari 20.000 orang" sedang melakukan perjalanan melalui Meksiko menuju Amerika Serikat.


Editor : Nathania Riris Michico