Penumpang Perempuan Qatar Airways Dipaksa Telanjang, Petugas Bandara Terancam Dihukum

Anton Suhartono ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 18:20:00 WIB
Penumpang Perempuan Qatar Airways Dipaksa Telanjang, Petugas Bandara Terancam Dihukum
Qatar menyerahkan para petugas bandara Doha yang bertanggung jawab atas pemeriksaan ginekologi terhadap belasan penumpang perempuan pada 2 Oktober lalu (Foto: AFP)

DOHA, iNews.id - Pemerintah Qatar akan menuntut pihak-pihak bertanggung jawab atas pemeriksaan bagian dalam terhadap para perempuan di 10 penerbangan bandara Doha pada awal Oktober lalu.

Petugas bandara melakukan pemeriksaan ginekologi invasif terhadap belasan penumpang perempuan pada 2 Oktober berasal dari luar negeri.

"Mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran dan tindakan ilegal ini telah diserahkan ke Kantor Kejaksaan," demikian pernyataan Kantor Komunikasi Pemerintah, dikutip dari AFP, Jumat (30/10/2020).

Para perempuan itu menjadi target pemeriksaan setelah petugas menemukan bayi yang baru lahir ditinggalkan di toilet bandara.

Pihak berwenang berupaya mencari ibu dari bayi tersebut dengan melakukan pemeriksaan kandungan.

Perdana menteri dan menteri dalam negeri Qatar menyampaikan permintaan maaf mendalam atas apa yang dialami para penumpang perempuan tersebut.

Selandia Baru menyatakan salah satu warganya termasuk di antara para korban yang menjalani pemeriksaan invasif. Pemerintah Negeri Kiwi menyebut tindakan itu sama sekali tidak dapat diterima.

Insiden tersebut terjadi pada awal Oktober namun baru terungkap pekan ini setelah seorang penumpang asal Australia buka suara.

Sejak itu Australia melaporkan ada 13 warganya menjalani pemeriksaan. Inggris juga mengungkap ada dua warganya menjadi korban, demikian pula dengan seorang perempuan Prancis.

Editor : Anton Suhartono