Penyeberangan Arar di Perbatasan Irak-Arab Saudi Dibuka Lagi setelah Ditutup 30 Tahun

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 18 November 2020 - 18:55:00 WIB
Penyeberangan Arar di Perbatasan Irak-Arab Saudi Dibuka Lagi setelah Ditutup 30 Tahun
Pos penyeberangan di Gurun Arar, perbatasan Irak dan Arab Saudi. (Foto: AFP)

BAGHDAD, iNews.idIrak dan Arab Saudi hari ini membuka kembali penyeberangan perbatasan kedua negara di Gurun Arar untuk kepentingan perdagangan. Ini adalah pertama kalinya kawasan itu dibuka lagi sejak 30 tahun silam.

Pembukaan kembali penyeberangan Gurun Arar dikonfirmasi oleh Komisi Perbatasan Irak. Peristiwa hari ini sekaligus menandai hubungan dagang yang semakin dekat antarnegara Arab yang bertetangga itu.

Penyeberangan Gurun Arar telah ditutup sejak 1990, saat kedua negara memutuskan hubungan dipolmatik, menyusul invasi Irak ke Kuwait di bawah kepemimpinan Saddam Hussein.

AFP melansir, sejumlah pejabat Irak dan Arab Saudi mengunjungi lokasi tersebut, Rabu (18/11/2020) ini. Beberapa pejabat tinggi yang hadir dalam upacara pembukaan jalur itu antara lain menteri dalam negeri Irak dan kepala Komisi Perbatasan Irak. Mereka sengaja melakukan perjalanan dari Baghdad untuk membuka Arar secara resmi.

Sementara itu, antrean truk kargo tampak menunggu sejak pagi untuk melintasi kawasan itu. Perlintasan Arar akan dibuka untuk angkutan barang dan orang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil