Peringatan WHO: Krisis Covid India Bisa Makin Buruk

Antara, Ahmad Islamy Jamil · Selasa, 27 April 2021 - 22:15:00 WIB
Peringatan WHO: Krisis Covid India Bisa Makin Buruk
Kremasi sejumlah jenazah pasien Covid di sebuah tempat di India. (Foto: Ist.)

JENEWA, iNews.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan warga India agar tak perlu terburu-buru ke rumah sakit. Pasalnya, hal tersebut bisa memperburuk krisis lonjakan penularan Covid-19 di negara itu yang disebabkan kerumunan besar orang di pusat-pusat layanan medis.

Kondisi bisa semakin parah lantaran menyebarnya varian baru Covid-19 yang lebih menular dan rendahnya tingkat vaksinasi. Per Selasa (27/4/2021) ini, kematian pasien Covid di India telah menembus 200.000 jiwa. Rumah sakit di negeri anak benua itu sekarang tidak memiliki persediaan cukup oksigen dan tempat tidur menolak pasien Covid-19.

Juru bicara WHO, Tarik Jasarevic menuturkan, organisasinya sedang berusaha menyediakan peralatan dan pasokan medis mendesak ke India, termasuk 4.000 konsentrator oksigen, yang hanya membutuhkan sumber energi. 

“Pengidap Covid-19 yang betul-betul membutuhkan perawatan rumah sakit itu sebenarnya kurang dari 15 persen, dan bahkan lebih sedikit pasien yang akan membutuhkan oksigen,” katanya, dilansir Reuters.

“Saat ini, salah satu masalahnya yakni banyak orang yang buru-buru ke rumah sakit (hal ini karena mereka tidak mempunyai akses untuk mendapatkan informasi/nasihat). Padahal pemantauan perawatan berbasis rumah di rumah dapat dilakukan dengan sangat aman,” tutur Jasarevic.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2