Pesawat Boeing 737-400 Jatuh di Afghanistan, 83 Orang Diduga Tewas

Nathania Riris Michico ยท Senin, 27 Januari 2020 - 17:57 WIB
Pesawat Boeing 737-400 Jatuh di Afghanistan, 83 Orang Diduga Tewas

Ilustrasi pesawat Afghanistan. (foto: Shah Marai/AFP via Getty Images

GHAZNI, iNews.id - Sebuah pesawat jatuh di Provinsi Ghazni, Afghanistan timur, Senin (27/1/2020). Pesawat yang diduga mengangkut 83 orang itu berjenis Boeing 737-400.

"Sekitar pukul 01.10 (0840 GMT) sebuah pesawat jatuh di distrik Deh Yak di Provinsi Ghazni. Pesawat itu terbakar dan penduduk desa berusaha memadamkannya. Kami masih tidak tahu apakah itu militer atau pesawat komersial," kata Aref Noori, juru bicara gubernur Ghazni, kepada AFP.

Seorang juru bicara kepolisian di provinsi itu juga mengonfirmasi kecelakaan itu, namun tidak juga dapat mengidentifikasi jenis pesawat.

Sementara itu menurut laporan Mirror, yang mengutip laporan media setempat, pesawat itu mengangkut 83 orang penumpang. Menurut Noori, pesawat itu jatuh dan terbakar diduga karena alasan teknis.

Kecelakaan terkait penerbangan militer, khususnya helikopter, merupakan hal biasa di Afghanistan. Cuaca buruk dan kondisi pesawat sering menjadi penyebab kecelakaan.

Kecelakaan terakhir terjadi pada Mei 2010, ketika sebuah pesawat tua Pamir Airways jatuh dalam cuaca buruk saat penerbangan ke Kabul dari provinsi utara Kunduz.

Pesawat itu mengangkut enam kru dan 38 penumpang ketika menabrak lereng gunung 20 kilometer dari Kabul.


Editor : Nathania Riris Michico