Polisi Hong Kong Tangkap 5 Direktur termasuk Pemimpin Redaksi Apple Daily

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 08:53:00 WIB
Polisi Hong Kong Tangkap 5 Direktur termasuk Pemimpin Redaksi Apple Daily
Ilustrasi penangkapan orang oleh polisi. (Foto: Ist.)

HONG KONG, iNews.id – Polisi Hong Kong menangkap lima direktur di surat kabar Apple Daily pada Kamis (17/6/2021) pagi, termasuk pemimpin redaksinya. Penangkapan tersebut menjadi pukulan terbaru bagi taipan media pemilik surat kabar prodemokrasi yang kini dipenjara, Jimmy Lai.

Departemen Keamanan Nasional Kepolisian Hong Kong menyatakan, lima direktur perusahaan telah ditangkap karena dicurigai berkolusi dengan negara asing atau dengan anasir eksternal untuk membahayakan keamanan nasional. Dikatakan bahwa lima orang yang ditangkap itu terdiri atas empat laki-laki dan seorang perempuan berusia antara 47 dan 63 tahun. 

Polisi tidak memberikan informasi perinci lainnya terkait penangkapan tersebut, kata Reuters.

Sementara Apple Daily mengatakan, lima direktur mereka telah ditangkap. Kelima orang itu adalah Pemimpin Redaksi Ryan Law, CEO Cheung Kim Hung, COO Chow Tat Kuen, Wakil Pemimpin Redaksi Chan Puiman, dan Redaktur Pelaksana Cheung Chi Wai. Mereka ditangkap dalam penggerebekan yang berlangsung pada pagi hari.

Surat kabar itu mengatakan, pada pukul 07.30 waktu setempat, sekitar 100 polisi tiba di kantor pusat media itu dan mengepung kawasan di sekitarnya. Langkah tersebut semakin membuat Apple Daily terpukul, apalagi pihak berwenang Hong Kong bulan lalu juga memerintahkan pembekuan saham Lai di Next Digital selaku penerbit surat kabar itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2