Putin: Sanksi Barat terhadap Rusia Picik, Bahayakan Seluruh Dunia

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 September 2022 - 13:47:00 WIB
Putin: Sanksi Barat terhadap Rusia Picik, Bahayakan Seluruh Dunia
Vladimir Putin (Foto: Reuters)

VLADIVOSTOK, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan negaranya sudah melakukan segala upaya untuk memastikan Ukraina bisa melanjutkan ekspor biji-bijian dan gandum. Rusia mencapai kesepakatan dengan Ukraina untuk membuka jalur ekspor melalui pelabuhan Laut Hitam sejak Juli lalu, ditengahi Turki dan PBB.

Menurut Putin, ekspor tersebut bisa mengurangi krisis pangan secara global. Meski demikian, Putin menegaskan permasalahan di pasar pangan global kemungkinan akan meningkat yang memicu bencana kemanusiaan.

Dalam pidatonya di Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rusia, Putin juga menyoroti soal sanksi negara-negara Barat yang dijatuhkan terhadap Rusia.  

Dia menilai sanksi Barat itu sebagai tindakan picik dan berbahaya bagi seluruh dunia. Bahkan dia menyebut dampak tersebut akan mengarah ke Asia.

Negara Barat, lanjut dia, telah merusak tatanan ekonomi global dengan upaya yang agresif untuk memaksakan dominasinya di seluruh dunia.

Lebih lanjut Putin juga mengapresiasi negara-negara yang tetap membeli energi dari Rusia. Sebagai imbalan, Rusia memberi kemudahan, seperti diberlakukan kepada China.

China akan membayar gas dari Gazprom dalam mata uang yuan dan rubel, masing-masing 50-50.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda