Putin Uji Coba Kapal Selam Pembawa Drone Nuklir yang Bisa Picu Tsunami

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 24 April 2019 - 15:54 WIB
Putin Uji Coba Kapal Selam Pembawa Drone Nuklir yang Bisa Picu Tsunami

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato dalam upacara peluncuran kapal selam baru di St. Petersburg, Selasa (23/4). (FOTO: ALEXEI DRUZHININ / SPUTNIK / VIA AFP-JIJI)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin memantau uji coba peluncuran kapal selam baru yang membawa drone nuklir bawah laut. Senjata maut ini diyakini bisa menyebabkan tsunami yang menghancurkan.

Dilaporkan Associated Press, Rabu (24/4/2019), selama kunjungan ke galangan kapal militer di St. Petersburg, Selasa (23/4), Putin menyaksikan peluncuran kapal selam nuklir Belgorod di pabrik Sevmash di Severodvinsk, barat laut Rusia melalui teleconference.

Angkatan Laut Rusia menyatakan, kapal selam, yang dirancang untuk membawa drone Poseidon itu, dijadwalkan mulai beroperasi tahun depan.

Poseidon bisa menarget daerah-daerah pantai dengan senjata nuklir berat, menyebabkan gelombang tsunami yang menghancurkan.

Putin mengatakan uji coba kapal selam ini berhasil.

Presiden Rusia itu pertama kali menyebut drone bertenaga nuklir itu termasuk di antara sejumlah senjata baru lainnya dalam pidato kenegaraan tahun lalu. Putin juga saat ini menyinggung bahwa Rusia akan membuat sistem pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) tidak berguna.


Editor : Nathania Riris Michico