Retno Marsudi Terima Kunjungan Menlu Inggris, Bahas Vaksin Covid hingga Terorisme

Anton Suhartono ยท Rabu, 07 April 2021 - 18:00:00 WIB
Retno Marsudi Terima Kunjungan Menlu Inggris, Bahas Vaksin Covid hingga Terorisme
Retno Marsudi menerima kunjungan Dominic Raab di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta (Foto: Kemlu RI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menerima kunjungan mitranya dari Inggris, Dominic Raab, di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Indonesia dan Inggris, melalui Forum Kemitraan ke-3, sepakat meningkatkan kerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan memberantas terorisme. Pada kesempatan itu juga ditandatangani MoU on Counter Terrorism antara Indonesia dan Inggris.

Retno menyebut Inggris sebagai mitra strategis Indonesia. Kerja sama kedua negara, kata dia, bukan hanya bermanfaat bagi dua pihak, tapi juga dunia.
 
Ada tiga prioritas kerja sama, pertama penguatan di bidang kesehatan. Inggris yang juga merupakan salah satu sumber vaksin Covid-19 merupakan mitra yang tepat untuk mengembangkan kerja sama di bidang ini, antara lain melalui penelitian dan pengembangan serta kolaborasi produksi.
 
“Kerja sama kesehatan sangat penting untuk membangun ketahanan industri kesehatan kita. Solidaritas dan kerja sama merupakan kunci untuk keluar dari pandemi ini,” kata Retno, dalam keterangannya.
 
Prioritas kedua, lanjut Retno, percepatan pemulihan ekonomi. Inggris merupakan mitra ekonomi penting Indonesia, yakni investor terbesar kedua dan mitra dagang terbesar kelima di Eropa. Dia dan Raab membahas upaya peningkatan perdagangan kedua negara yang pada 2020 nilainya mencapai 2,24 miliar dolar AS.
 
Ketiga, penguatan kerja sama pertahanan dan keamanan. Penandatanganan MoU on Counter Terrorism akan meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang keamanan. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2