Rudal Hantam Mal Penuh Pengunjung di Ukraina, Begini Penjelasan Rusia   

Anton Suhartono · Selasa, 28 Juni 2022 - 16:18:00 WIB
Rudal Hantam Mal Penuh Pengunjung di Ukraina, Begini Penjelasan Rusia    
Rusia bantah serang mal Ukraina (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Rusia angkat bicara soal serangan rudal terhadap mal di Kota Kremenchuk, Ukraina, pada Senin kemarin. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 16 orang dan melukai 25 lainnya. Selain itu 36 orang masih dilaporkan hilang.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia membantah telah menargetkan mal. Pasukannya mengincar gudang senjata di Kremenchuk yang jaraknya berdekatan dengan mal. Senjata yang berada di gudang itulah yang memicu ledakan dan kebakaran di mal.

"Di Kremenchuk, pasukan Rusia menyerang gudang yang menampung senjata kiriman dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa menggunakan senjata berbasis udara presisi tinggi. Sebagai hasil dari serangan presisi, senjata dan amunisi buatan Barat yang terkonsentrasi di gudang terkena," bunyi pernyataan, melalui Telegram, dikutip dari Reuters, Selasa (28/6/2022).

"Ledakan gudang amunisi yang menyimpan senjata Barat menyebabkan kebakaran pada pusat perbelanjaan yang tidak digunakan, terletak di samping gudang."

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pusat perbelanjaan itu dipenuhi lebih dari 1.000 pengunjung saat dihantam rudal Rusia.

Petugas pemadam kebakaran dan tentara masih menyisir lokasi untuk mencari korban yang kemungkinan tertimbun reruntuhan.

Rusia berulang kali membantah menargetkan warga dan fasilitas sipil sejak menggelar operasi militer khusus pada 24 Februari lalu. Namun PBB mengungkap setidaknya 4.700 warga sipil tewas sejak invasi Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda