Rusia dan Belarusia Tandatangani Pakta Keamanan Regional

Umaya Khusniah · Minggu, 04 Desember 2022 - 14:52:00 WIB
Rusia dan Belarusia Tandatangani Pakta Keamanan Regional
Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu dan timpalannya dari Belarusia, Viktor Khrenin menandatangai pakta keamanan regional. (Foto: BelTA)

MINSK, iNews.id - Pemerintah Rusia dan Belarusia menandatangani perjanjian tentang keamanan regional. Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membahas kerja sama militer bilateral dan mengubah kesepakatan tentang ketentuan bersama keamanan regional.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu dan timpalannya dari Belarusia, Viktor Khrenin di ibu kota Belarusia, Minsk, Sabtu (4/12/2022). 

Dalam kesempatan itu, Shoygu memuji Belarusia atas tekadnya menentang tindakan permusuhan AS dan sekutunya. Selain itu juga atas upayanya untuk keamanan Rusia dan Belarusia. 

Sebagai informasi, Belarusia merupakan pendukung utama Rusia selama invasinya ke Ukraina. Keduanya bersekutu secara ekonomi dan militer. Moskow juga menggunakan Belarusia sebagai pos persiapan untuk invasi 24 Februari ke Ukraina.

“Belarusia adalah mitra yang dapat diandalkan. Ini sangat penting dalam menghadapi tekanan Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan perang yang tidak diumumkan terhadap negara kita,” katanya.

Dilansir dari kantor berita BelTA yang dikelola negara Belarusia, para menteri pertahanan itu membahas masalah kerja sama militer dan militer-teknis kedua negara.

"Kesepakatan yang ditandatangani adalah protokol tentang amandemen perjanjian keamanan militer regional bersama yang sebelumnya ditandatangani oleh Belarusia dan Rusia pada Desember 1997," kata laporan itu.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda