Rusia Jatuhkan Sanksi untuk Ratusan Warga Australia dan Selandia Baru

Umaya Khusniah ยท Jumat, 08 April 2022 - 08:21:00 WIB
Rusia Jatuhkan Sanksi untuk Ratusan Warga Australia dan Selandia Baru
Rusia menjatuhkan sanksi kepada ratusan warga Australia dan Selandia Baru. (Foto: Daily Sabah)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menjatuhkan sanksi kepada ratusan warga Australia dan Selandia Baru, termasuk para perdana menteri. Sanksi itu berlaku mulai Kamis (7/4/2022). 

Kementerian Luar Negeri Rusia mengumumkan pemberian sanksi itu pada Kamis. Ada 228 warga negara Australia, termasuk Perdana Menteri Scott Morrison, anggota Komite Keamanan Nasional Australia, Dewan Perwakilan Rakyat, Senat dan majelis legislatif regional, telah dilarang dari Rusia dengan alasan kesopanan. 

"Dalam waktu dekat, anggota tentara Australia, pengusaha, pakar, dan anggota media yang telah berkontribusi pada pembentukan sikap negatif terhadap Rusia juga akan dimasukkan dalam daftar hitam dan diumumkan," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Selain Australia, ada juga 130 warga Selandia Baru juga mendapat sanksi. Di antaranya Perdana Menteri Jacinda Ardern, Gubernur Jenderal Cynthia Kiro dan anggota pemerintah juga parlemen juga dilarang dari Rusia. Mereka dinilai bertindak tidak bersahabat terhadap Rusia.

Perang Rusia di Ukraina, yang dimulai 24 Februari, telah memicu kemarahan internasional. Uni Eropa, AS, dan Inggris dan lain-lain menerapkan sanksi keuangan yang keras terhadap Moskow.

Menurut perkiraan PBB, setidaknya 1.611 warga sipil telah tewas di Ukraina dan 2.227 terluka. Diperkirakan angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

Menurut badan pengungsi PBB, lebih dari 4,3 juta warga Ukraina telah melarikan diri ke negara lain, dengan jutaan lainnya mengungsi. 

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda