Rusia: NATO Terang-terangan Ingin Memecah Belah ASEAN

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 01 Juni 2022 - 16:03:00 WIB
Rusia: NATO Terang-terangan Ingin Memecah Belah ASEAN
Bendera dari negara-negara anggota ASEAN berderet di dalam sebuah ruangan (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia menuding NATO secara terang-terangan berupaya untuk memecah belah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Hal itu dilakukan aliansi militer tersebut lantaran kedekatan hubungan ASEAN dengan Moskow dan Beijing.

“Upaya secara terbuka sedang dilakukan untuk memecah ASEAN, di mana Rusia dan China telah menjalin interaksi yang erat dan berorientasi pada hasil pada berbagai masalah,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Igor Morgulov, Rabu (1/6/2022), seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Pernyataan itu disampaikan Morgulov saat menghadiri konferensi internasional ketujuh Rusia dan China yang bertajuk “Kerja Sama di Era Baru” di Moskow.

Diplomat Rusia itu juga menuduh negara-negara Barat berusaha menghancurkan semua panggung internasional di mana mereka tidak terwakili atau hanya menjadi minoritas.

Rusia telah berulang kali menyebut tindakan NATO tampak konfrontatif dan agresif. Moskow juga secara konsisten mengkritik ekspansi aliansi militer bentukan Amerika Serikat itu pascaruntuhnya Uni Soviet.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda