Salahkan Imigran Muslim soal Penembakan, Senator Aussie Dilempar Telur

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:04 WIB
Salahkan Imigran Muslim soal Penembakan, Senator Aussie Dilempar Telur

Fraser Anning dilempar telur dari belakang oleh remaja (Foto: Twitter)

MELBOURNE, iNews.id - Senator Australia Fraser Anning dilempar telur oleh seorang remaja saat memberikan keterangan pers di Melbourne, Sabtu (16/3/2019).

Dari arah belakang, seorang remaja melempar telur tepat di kepala Anning. Remaja pria itu sudah berdiri cukup lama dan merekam pernyataan Anning termasuk aksi pelemparan telur menggunakan kamera ponselnya.

Serangan tampaknya sudah direncanakan, bukan spontanitas, karena telur sudah disiapkan di tangan kanan remaja tersebut.

Sementara itu Anning langsung berbalik dan memukul kepala sang remaja dua kali. Sang remaja sempat membalas dengan memukul balik sebelum dipisahkan dan dibekuk orang-orang di sekitarnya.

Remaja yang tak disebutkan identitasnya itu lalu dibawa polisi.

Aksi mempermalukan Anning itu tampaknya sebagai respons atas pernyataannya kemarin. Saat itu Anning menyalahkan imigran muslim sebagai penyebab serangan terhadap dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, yang dilakukan warga Australia Brenton Tarrant.

Dia menganggap berkembangnya jumlah imigran muslim di Selandia Baru, termasuk di Australia, tak disukai oleh sebagian kelompok.

"Ketakutan yang meningkat atas bertambahnya kehadiran muslim," kata dia.

Pernyataannya itu mengundang kecaman berbagai kalangan di Australia.

Seperti diketahui, penembakan dua masjid di Christchurch yang menewaskan 49 orang itu dilakukan Tarrant karena kebenciannya terhadap muslim. Hal itu disampaikan langsung oleh ekstrimis sayap kanan yang mengklaim dirinya sebagai pengawal supremasi kulit putih itu dalam manifesto sebelum penembakan terjadi.


Editor : Anton Suhartono