Sambut Jamaah Umrah, Masjidil Haram Dibersihkan 60.000 Liter Disinfektan Setiap Hari

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 18:26:00 WIB
Sambut Jamaah Umrah, Masjidil Haram Dibersihkan 60.000 Liter Disinfektan Setiap Hari
Masjidil Haram di Makkah dibersihkan dengan 60.000 liter disinfektan setiap hari, menjelang masuknya jamaah umrah mancanegara mulai 9 Agustus. (Foto: Reuters)

MAKKAH, iNews.idMasjidil Haram di Makkah bakal menyambut kedatangan jamaah umrah mancanegara mulai 9 Agustus ini. Untuk itu, otoritas setempat telah mengintensifkan upaya sanitasi di tempat paling suci dalam Agama Islam itu, sebagai bagian dari upaya pencegahan wabah virus corona.

Lebih dari 4.000 petugas telah mulai mensterilkan Masjidil Haram dan berbagai taman luar ruangan serta fasilitasnya. Sterilisasi dilakukan lebih dari 10 kali sehari dengan menggunakan pembersih dan parfum berkualitas tinggi, menurut kantor berita SPA.

Hampir 60.000 liter disinfektan atau bahan pensteril ramah lingkungan digunakan setiap hari selama proses pembersihan tersebut. Tak hanya itu, sekitar 1.200 liter parfum juga disemprotkan untuk mengharumkan lingkungan masjid.

Tim petugas juga bekerja sepanjang waktu untuk menegakkan tindakan pencegahan virus di sekitar Masjidil Haram, demi memastikan jamaah tetap aman setiap saat. Sebanyak 11 robot juga telah ditempatkan di sekitar Masjidil Haram dengan fitur kecerdasan buatan dan 20 perangkat bioperawatan untuk mensterilkan area tersebut berulang kali, menurut SPA.

Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk membuka pintu bagi jamaah umrah internasional mulai 9 Agustus ini. Hanya calon jamaah yang divaksinasi dengan vaksin corona Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson & Johnson yang akan diizinkan untuk menunaikan umrah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: