Saudi Luncurkan Slogan Baru Haji 'World in the Heart of the Kingdom'
RIYADH, iNews.id - Kementerian Informasi Arab Saudi meluncurkan slogan pelaksanaan ibadah haji untuk tahun ini, yakni 'The World in the Heart of the Kingdom' atau 'Dunia di Jantung Kerajaan'.
Juru Bicara Kementerian Informasi yang juga menjabat Dirjen Pusat Komunikasi Pemerintah Abdullah Ahmed Al Mughlout mengatakan, peluncuran dari indentitas baru ini merupakan bagian dari rencana media strategi yang menyeluruh untuk musim haji tahun ini.
"Kementerian saat ini mengawasi, Kerajaan, yang menyoroti pencapaian peradaban di dua masjid suci, serta memberikan para tamu layanan yang penuh Rahman dan berbeda, menanggung tanggung jawab besar untuk umat Islam di berbagai belahan dunia," kata dia, dalam pernyataan melalui aplikasi Whatsapp, Sabtu (28/7/2018).
Abdullah menambahkan, identitas baru ini merupakan salah satu inisiatif yang dibuat kementerian informasi sesuai dengan perencanaan haji. Spiritnya diambil dari kebesaran sejarah dan kesucian tempat, yang diwakili oleh dua rumah suci umat Islam.
Abdullah mengatakan, desain dari identitas baru ini dibuat oleh sekelompok pemuda Saudi yang kreatif dan mencerminkan beberapa makna, yakni menunjukkan ziarah ritual suci, landmark, dan tujuan mulia.
Dia menambahkan, kementerian ingin mendukung kerja lembaga pemerintah sebagai bagian dari upaya untuk mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030, yakni menciptakan koordinasi dan integrasi antara lembaga pemerintah, dan untuk mengonsolidasikan pesan media untuk terus mengikuti proses transformasi nasional.
Identitas baru haji ini akan digunakan pada platform digital dan situs web, surat kabar dan media.
Desainnya yang sederhana mengandung delapan makna tersembunyi yang mencerminkan beberapa ritual ziarah.
Logo melambangkan Kakbah dan garis setengah lingkaran di sekitar persegi. Kata haji muncul di garis bulat yang aslinya adalah wajah luar dan bagian dalam huruf C serta kotak Kakbah mewakili intinya.
Logo juga menampilkan kiblat yang tercermin dalam rotasi yang mirip dengan kompas. Tampak pula jam Mekkah yang diwakili oleh rotasi logo. Persegi sebagai pusat Mekkah tercermin dari gambaran yang menyeluruh dari logo, menunjukkan Mekkah di jantung dunia.
Sementara itu ruang di lengkungan atas mirip dengan sinyal komunikasi dan pohon palem, salah satu ikon dan mencerminkan budaya Kerajaan.
Editor: Anton Suhartono