Saudi Resmi Perbolehkan Perempuan Keluar Negeri Tanpa Izin Wali Laki-Laki

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 10:36 WIB
Saudi Resmi Perbolehkan Perempuan Keluar Negeri Tanpa Izin Wali Laki-Laki

Arab Saudi resmi membolehkan perempuan berusia 21 tahun dan lebih keluar negeri tanpa izin wali pria (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi resmi memberlakukan kemudahan bagi warga perempuan yang ingin keluar negeri. Terhitung sejak Selasa (20/8/2019), perempuan Saudi berusia 21 tahun dan lebih bisa membuat paspor dan berpergian keluar negeri tanpa izin dari wali laki-laki.

Aturan baru ini pertama kali diumumkan pada awal Agustus 2019, menghapus sistem lama di mana setiap perempuan hanya bisa keluar negeri jika mendapat restu dari laki-laki dewasa di keluarga.

"Departemen paspor mulai menerima permintaan bagi perempuan berusia 21 tahun dan lebih untuk membuat atau memperbarui paspor serta untuk berpergian keluar Kerajaan tanpa izin (wali laki-laki)," cuit departemen, dalam pernyataan, seperti dilaporkan kembali AFP, Rabu (21/8/2019).

Sebelumnya, perempuan Saudi harus mendapat izin dari wali laki-laki, yakni suami, ayah, atau saudara kandung, jika berpergian.

Saudi mulai mereformasi aturan-aturan yang membagasi peran perempuan sejak beberapa tahun lalu untuk mendukung Visi 2030.

Perubahan lain yang diumumkan pada awal bulan ini, perempuan Saudi diberikan hak untuk mendaftarkan kelahiran, pernikahan atau perceraian, serta diakui sebagai wali bagi anak di bawah umur, seperti lauaknya laki-laki.

Sebelumnya, perempuan Saudi juga diperbehkan menyetir mobil sendiri serta menonton pertandingan olahraga di stadion. Perempuan juga diperbolehkan bekerja di bidang-bidang yang selama ini hanya ditekuni pria, termasuk di pemerintahan.

Editor : Anton Suhartono