Sebelum Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Xi Jinping Ingatkan Joe Biden agar Tak Memperparah Krisis

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 12 Agustus 2022 - 05:48:00 WIB
Sebelum Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Xi Jinping Ingatkan Joe Biden agar Tak Memperparah Krisis
Presiden China Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, pada 14 Februari 2012. Kala itu, Biden masih menjabat wakil presiden AS. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden China Xi Jinping pernah mengingatkan Presiden AS Joe Biden agar tidak memperparah krisis dunia. Hal itu disampaikan Xi saat melakukan panggilan telepon dengan Biden, beberapa hari menjelang kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan.

The Wall Street Journal (WSJ), dengan mengutip sejumlah sumber yang mengetahui masalah tersebut, pada Kamis (11/8/2022) melaporkan, Xi mengatakan kepada Biden bahwa sekarang bukan waktunya untuk membuat krisis besar-besaran. Pesan itu dia utarakan kepada presiden AS itu saat berkomunikasi via telepon pada 28 Juli, atau empat hari sebelum kunjungan kontroversial Pelosi ke Taiwan.

Pemimpin China itu juga menyatakan frustrasi, karena diplomasi gagal mencegah perjalanan perempuan itu ke Taipei. Selama percakapan dua pemimpin dunia itu, Xi memperingatkan Biden tentang kemungkinan konsekuensi dari pelayaran Pelosi. Akan tetapi, tidak dijelaskan secara perinci dampak apa yang mungkin terjadi.

Pada saat yang sama, Xi mengisyaratkan bahwa China tidak akan terlibat dalam konflik penuh dengan Amerika Serikat. Karena itu, dia meminta kedua belah pihak untuk menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan.

Menurut laporan WSJ, para pejabat China juga telah memperingatkan Washington DC akan kunjungan Pelosi ke Taiwan sejak April lalu. Mereka khawatir langkah tersebut dapat memicu “efek domino” terhadap politisi dunia lainnya untuk ikut-ikutan bepergian ke Taipei.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda