Selang 5 Hari, Korea Utara Tembakkan Rudal Lagi

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 15:36 WIB
Selang 5 Hari, Korea Utara Tembakkan Rudal Lagi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan uji coba sistem senjata berpemandu anti-pesawat terbang baru di lokasi yang dirahasiakan. Tidak jelas kapan uji coba berlangsung. (FOTO: AFP / GETTY IMAGES)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) kembali dilaporkan menembakkan sejumlah rudal yang tidak dikenal, Kamis (9/5/2019). Hal itu dikonfirmasi oleh militer Korea Selatan (Korsel) saat seorang utusan Amerika Serikat (AS) mengunjungi Seoul untuk berdiskusi tentang cara memecahkan kebuntuan kesepakatan nuklir.

"Korea Utara menembakkan rudal yang tidak dikenal ke arah timur," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dilaporkan AFP.

Roket itu disebut ditembakkan dari wilayah Sino-ri di Provinsi Pyongang Utara.

Peluncuran itu dilakukan selang beberapa hari setelah Korut melakukan latihan militer dan menembakkan beberapa rudal, yang setidaknya satu di antaranya diyakini sebagai rudal jarak pendek.

BACA JUGA: Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Jepang

Peluncuran itu juga dilakukan beberapa jam setelah Perwakilan Khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, tiba di Seoul pada Rabu malam. Kunjugannya itu untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Korsel tentang pendekatan ke Korut.

"Kami masih menganalisis apakah itu satu atau beberapa rudal," kata juru bicara JCS, Kim Joon Rak, kepada AFP.

BACA JUGA: Pakar: Roket Terbaru Korut Bisa Jangkau Seoul, Tak Bisa Dirontokkan Rudal AS

Sebelumnya, pada Sabtu (4/4), Korut menembakkan rudal jarak pendek ke arah timur kota pesisir Wonsan. Rudal tersebut menempuh jarak 70 hingga 200 kilometer (45 hingga 125 mil) ke arah Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

BACA JUGA: Kim Jong Un Awasi Uji Coba Rudal Jarak Pendek dan Peluncur Roket Korut

Peluncuran rudal itu menjadi peluncuran rudal jarak pendek pertama Korut selama lebih dari setahun. Hal itu diduga sengaja dilakukan untuk meningkatkan tekanan pada Amerika Serikat (AS) dengan pembicaraan nuklir menemui jalan buntu.

"Korea Utara menembakkan sejumlah rudal jarak pendek dari semenanjung Hodo di dekat kota pantai timur Wonsan ke arah timur laut dari pukul 09:06 (09.00 GMT) hingga 09:27 hari ini," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, (JSC).

BACA JUGA: Analis: Korut Kemungkinan Tembakkan Rudal Balistik saat Latihan Artileri

Pemimpin Korut Kim Jong disebut mengawasi uji coba itu. Tak hanya roket, saat peluncuran itu Kim juga menguji coba peluncur roket jarak jauh dan senjata berpemandu taktis.


Editor : Nathania Riris Michico