Selidiki Asal-usul Covid di Wuhan, Tim Ahli WHO Temukan Informasi Baru

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 Februari 2021 - 18:27:00 WIB
Selidiki Asal-usul Covid di Wuhan, Tim Ahli WHO Temukan Informasi Baru
Penampakan dari udara Pasar Huanan di Wuhan, China, tempat pertama kali wabah Covid-19 muncul. (Foto: Reuters)

WUHAN, iNews.id – Tim ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid di Wuhan, China, menyatakan penyelidikan mereka telah mengungkap informasi baru terkait virus itu. Akan tetapi, informasi tersebut tidak mengubah gambaran mengenai wabah itu secara dramatis.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (9/2/2021), ahli virus di tim WHO, Peter Ben Embarek mengatakan, upaya untuk mengidentifikasi asal-usul virus corona mengarah ke reservoir alami kelelawar. Akan tetapi, kecil kemungkinan sumber wabah itu berada di Wuhan—kota yang berada di Provinsi Hubei, China Tengah, tempat Covid ditemukan pertama kali pada akhir 2019.

Konferensi pers tim WHO di Wuhan sedianya dijadwalkan pada pukul 15.30 waktu setempat (14.30 WIB) Selasa ini. Akan tetapi, pengarahan media itu kemudian ditunda hingga pukul 17.00 (16.00 WIB).

Selain Ben Embarek—yang juga menjadi ketua tim investigasi WHO selama di Wuhan—turut hadir ahli virus lainnya, Marion Koopmans. Kepala panel ahli Covid-19 di Komisi Kesehatan Nasional China, Liang Wannian, juga tampil dalam jumpa pers itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2