Sempat Diisukan Stroke hingga Meninggal, Presiden Duterte Muncul di Hadapan Publik

Djairan ยท Selasa, 13 April 2021 - 14:03:00 WIB
Sempat Diisukan Stroke hingga Meninggal, Presiden Duterte Muncul di Hadapan Publik
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, muncul kembali di hadapan publik pada Senin (12/4/2021). Sebelumnya, dia sempat menghilang hampir dua pekan, sehingga memicu berbagai spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

Pria berusia 76 tahun itu menyampaikan pidato mingguannya melalui siaran langsung di stasiun televisi. Kemunculannya sekaligus menepis rumor yang menyebut kesehatannya menurun, serta tudingan bahwa Pemerintah Filipina berusaha menyembunyikan kondisinya.

“Jika Anda mengatakan bahwa saya menderita penyakit yang menghalangi saya untuk menjalankan kekuasaan kepresidenan ini, maka itu tidak benar,” ujar Duterte menanggapi rumor tersebut, dikutip Reuters, Selasa (13/4/2021).

Duterte terakhir kali muncul di televisi pada 29 Maret lalu. Selama menghilang, beredar kabar dia berada di Singapura untuk menjalani perawatan akibat stroke ringan. Rumor paling ekstrem menyebutkan, Duterte meninggal dalam perawatan di negeri singa itu.

Dalam pernyataannya, Duterte menghilang dari hadapan publik serta membatalkan pidatonya yang dijadwalkan pada 7 April untuk meminimalkan kontak dengan lingkungan kerjanya. Ini lantaran ada peningkatan kasus aktif Covid-19 di antara stafnya termasuk beberapa petugas keamanannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda