Serbu Wilayah Udara Taiwan dengan Puluhan Jet Tempur, Begini Pesan Keras China

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 12:55:00 WIB
Serbu Wilayah Udara Taiwan dengan Puluhan Jet Tempur, Begini Pesan Keras China
Bendara China dan Taiwan berkibar di lokasi yang sama (ilustrasi). (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Puluhan pesawat tempur China menyerbu wilayah udara Taiwan, Selasa (15/6/2021). Beijing pun menyebut langkah tersebut sebagai bentuk tindakan kerasnya terhadap Taipei—yang dianggap bersekongkol dengan pihak asing.

Juru Bicara Kantor Urusan Taiwan Republik Rakyat China, Ma Xiaoguang mengatakan, Pemerintah Taiwan adalah pihak yang harus disalahkan atas ketegangan militer kemarin. Menurut dia, China meyakini bahwa Pemerintah Taiwan bekerja dengan negara-negara asing untuk meraih kemerdekaan formal.

“Kami tidak akan pernah menoleransi upaya untuk mencari kemerdekaan atau intervensi serampangan dalam masalah Taiwan oleh pasukan asing. Jadi, kami perlu membuat tanggapan yang keras terhadap tindakan kolusi ini,” kata Ma, dalam konferensi pers di Beijing, Rabu (16/6/2021), dikutip Reuters.

Sebanyak 28 pesawat Angkatan Udara China, termasuk pesawat tempur dan pesawat pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan pada Selasa kemarin. Pemerintah Taiwan mencatat insiden itu sebagai serangan terbesar oleh China yang dilaporkan hingga saat ini.

Serbuan jet-jet tempur China ke wilayah ADIZ Taiwan itu terjadi setelah para pemimpin G7 mengeluarkan pernyataan bersama pada Minggu (13/6/2021). Pernyataan dari para pemimpin negara-negara kaya tersebut isinya memarahi China atas serangkaian masalah, termasuk menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2