Sidang Majelis Umum PBB

Soal Kashmir, Erdogan Serukan Dialog untuk Solusi Perdamaian India-Pakistan

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 25 September 2019 - 09:53 WIB
Soal Kashmir, Erdogan Serukan Dialog untuk Solusi Perdamaian India-Pakistan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat pidato di Sidang Majelis Umum PBB di di New York. (FOTO: Ercin Top/Anadolu Agency)

NEW YORK, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan dialog untuk solusi pertikaian Pakistan dan India tentang Kashmir. Dalam pidatonya di sesi Sidang Majelis Umum PBB di New York, Erdogan mengkritik komunitas internasional karena tidak memperhatikan konflik Kashmir, yang menunggu penyelesaian selama 72 tahun.

Erdogan mengatakan stabilitas dan kemakmuran Asia Selatan tidak dapat dipisahkan dari masalah Kashmir.

"Agar orang-orang Kashmir melihat masa depan yang aman bersama dengan tetangga Pakistan dan India mereka, sangat penting untuk menyelesaikan masalah melalui dialog dan atas dasar keadilan dan kesetaraan, tetapi tidak melalui kekerasan," kata Erdogan, seperti dilaporkan Anadolu, Rabu (25/9/2019).

Wilayah yang dikelola India itu menghadapi tindakan kekerasan sejak 5 Agustus, ketika pemerintah India menghapuskan Pasal 370 konstitusi India, yang memberikan status otonomi khusus pada Kashmir.

Ratusan orang, sebagian besar pemimpin politik, ditahan atau ditangkap oleh pihak berwenang sejak pemerintah India mengambil kebijakan tersebut.

India dan Pakistan memegang sebagian wilayah Kashmir dan mengklaimnya secara penuh. China juga mengendalikan sebagian wilayah yang diperebutkan, namun India dan Pakistan telah terlibat perang dua kali terkait Kashmir.


Editor : Nathania Riris Michico