Spanyol Naikkan Anggaran Militer Jadi Rp187 Triliun Tahun Depan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:16:00 WIB
Spanyol Naikkan Anggaran Militer Jadi Rp187 Triliun Tahun Depan
Bendera Spanyol sedang berkibar di sebuah kota (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MADRID, iNews.id – Pemerintah Spanyol pada Selasa (4/10/2022) telah menyetujui rancangan anggaran pendapatan belanja negara (RAPBN) untuk 2023. Sebanyak 12,3 miliar euro (Rp187 triliun) akan dialokasikan untuk belanja pertahanan. 

Laporan pemerintah menunjukkan, angka tersebut 27 persen lebih banyak daripada belanja militer Spanyol pada tahun ini. Adapun anggaran yang dialokasikan pemerintah negeri matador untuk pertahanan pada 2022 sebesar 9,7 miliar euro (Rp147 triliun).

Peningkatan pengeluaran militer itu sebelumnya sempat menuai perdebatan di kalangan pemerintah koalisi Spanyol. Pada awalnya, partai sayap kiri Unidos Podemos menentang rancangan anggaran yang diajukan oleh Partai Buruh Sosialis Spanyol (PSOE) yang berkuasa.

Namun, pada akhirnya, para sekutu politik partai itu sampai pada kesimpulan bahwa komitmen yang dibuat oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez kepada Uni Eropa dan NATO tetap harus dipenuhi. Menurut mereka, anggaran pertahanan Spanyol harus mencapai 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2029.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda