Taliban Gelar Operasi Keamanan di Kabul, 6 Anggota ISIS Tewas

Umaya Khusniah · Sabtu, 22 Oktober 2022 - 14:53:00 WIB
Taliban Gelar Operasi Keamanan di Kabul, 6 Anggota ISIS Tewas
Sebanyak enam anggota ISIS tewas dibunuh oleh pasukan keamanan Taliban dalam operasi di Kabul. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id - Sebanyak enam anggota ISIS tewas dibunuh oleh pasukan keamanan Taliban dalam operasi di Kabul, Afghanistan, Jumat (21/10/2022) malam. Mereka terlibat dalam dua serangan besar dalam beberapa pekan terakhir. 

Serangan besar yang dimaksud di antaranya, di sebuah masjid kota, di sebuah lembaga bimbingan belajar di mana puluhan mahasiswi tewas. 

"Mereka adalah penyerang masjid Wazir Akbar Khan dan juga Institut Kaaj," kata juru bicara pemerintah Taliban, Qari Yusuf Ahmadi. 

Dia menambahkan, seorang anggota pasukan keamanan Taliban tewas dalam operasi tersebut.

Sebagai informasi, ledakan di pusat pendidikan Kaaj Institute terjadi di bagian perempuan pada 30 September. Sebanyak 53 orang tewas, kebanyakan perempuan remaja putri.

Sementara pada 23 September, sedikitnya tujuh orang tewas dan lebih dari 40 terluka dalam ledakan di dekat sebuah masjid di Wazir Akbar Khan. Wilayah itu dijaga ketat dan pernah menjadi 'Zona Hijau' kedutaan besar dan pangkalan pasukan asing. 

Sejak Taliban mengambil alih pada tahun 2021, mereka mengaku fokus untuk mengamankan negara itu setelah beberapa dekade perang. Namun, serangkaian ledakan telah mengguncang ibu kota dan daerah perkotaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir. PBB juga mengatakan keamanan memburuk.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda