Tegang dengan China, AS malah Kirim Kapal Induk USS Ronald Reagan ke Laut China Selatan

Anton Suhartono ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 15:59:00 WIB
Tegang dengan China, AS malah Kirim Kapal Induk USS Ronald Reagan ke Laut China Selatan
Kapal induk USS Ronald Reagan dan kelompok serang berlayar di Laut China Selatan setelah berlabuh di Singapura (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Kapal induk Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) USS Ronald Reagan beserta kelompok serangnya melintasi perairan Laut China Selatan, Kamis (28/7/2022). USS Ronald Reagan baru saja berlabuh di Singapura dan melanjutkan pelayaran.

Para pejabat di Armada Ke-7 AL AS mengonfirmasi pelayaran USS Ronald Reagan di perairan Laut China Selatan. Meski demikian mereka enggan berkomentar soal ketegangan dengan China terkait kabar rencana kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan.

"USS Ronald Reagan dan kelompok serangnya dalam pelayaran, beroperasi di Laut China Selatan, setelah melakukan kunjungan pelabuhan ke Singapura," kata Komandan Hayley Sims, dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan USS Ronald Reagan melakukan operasi normal dan terjadwal sebagai bagian dari patroli rutin guna mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Misi pelayaran kelompok serang USS Ronald Reagan ini berlangsung saat meningkatnya ketegangan antara AS dan China soal isu rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan pada Agustus mendatang.  China mengancam akan menggunakan kekuatan militer jika Pelosi benar-benar berkunjung ke Taiwan, wilayah yang diklaim Negeri Tirai Bambu sebagai salah satu provinsinya. Kunjungan Pelosi ke Taiwan seharusnya berlangsung pada April lalu, namun ditunda karena terpapar virus corona.

Sejauh ini Pelosi belum memastikan keberangkatannya. Presiden Joe Biden mengatakan, menurut militer, kunjungan Pelosi ke Taiwan saat ini tidak tepat.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda