Tentara Israel Hancurkan Tenda Warga Palestina di Tepi Barat

Umaya Khusniah · Senin, 14 Juni 2021 - 10:50:00 WIB
Tentara Israel Hancurkan Tenda Warga Palestina di Tepi Barat
Tentara Israel di Tepi Barat. (Foto: Reuters)

TEPI BARAT, iNews.id - Pasukan Israel membongkar tenda keluarga Palestina di dekat Desa Taibe, di timur laut Ramallah, Tepi Barat, Minggu (13/6/2021) pagi. Ada enam tenda yang dihancurkan dan satu penampungan hewan. 

Penduduk setempat, seperti dilansir middleeastmonitor mengatakan, tenda yang dihancurkan membuat dua keluarga dengan 15 anggotanya kehilangan tempat tinggal.

Pembongkaran tempat penampungan tersebut merupakan bagian dari kampanye Israel yang bertujuan untuk mengosongkan semua wilayah dari warga Palestina. Hal ini demi adanya permukiman bagi warga Israel.

Menurut sumber-sumber Palestina, otoritas Israel menghancurkan lebih dari 500 rumah dan bisnis Palestina di Yerusalem Timur dan Tepi Barat.

Di bawah Kesepakatan Oslo 1995 antara Israel dan Otoritas Palestina, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dibagi menjadi tiga bagian – Area A, B, dan C.

Pembongkaran terjadi di Area C yang merupakan rumah bagi 300.000 warga Palestina. Mereka terdiri atas komunitas Bedouin dan penggembala yang sebagian besar tinggal di tenda, karavan dan gua.

Hukum internasional menilai Tepi Barat dan Yerusalem Timur merupakan wilayah pendudukan dan menganggap semua kegiatan pembangunan pemukiman Yahudi di sana ilegal.

Editor : Umaya Khusniah