Teroris Penyerang Masjid di Norwegia Divonis 21 Tahun Penjara

Antara ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 21:32 WIB
Teroris Penyerang Masjid di Norwegia Divonis 21 Tahun Penjara

Teroris yang menyerang masjid di Norwegia, Philip Manshaus, bersama pengacaranya. (Foto: ANTARA/Reuters)

OSLO, iNews.id – Pengadilan Norwegia pada Kamis (11/6/2020) ini memvonis pelaku penyerangan masjid di negara itu dengan pidana hingga 21 tahun penjara. Ini kemungkinan adalah hukuman penjara maksimum bagi pelaku, menurut laporan media setempat.

Pada 10 Agustus tahun lalu, Philip Manshaus, membunuh adik tirinya yang sedang berada di rumah dan menyerang masjid terdekat pada saat libur Idul Adha di Baerum, sebuah kawasan di pinggiran Ibu Kota Oslo. Masjid itu berada di dalam kompleks Al-Noor Islamic Center.

Manshaus menembaki para jamaah di masjid itu, namun salah satu dari jamaah itu berhasil menaklukkannya. Seorang lansia mengalami luka akibat serangan yang dilakukan si pengecut Manshaus.

Pelaku dituntut dengan pembunuhan saudara tirinya dan serangan terorisme di Al-Noor Islamic Center. Dia terbukti bersalah dalam dua dakwaan itu, demikian laporan media setempat, Dagsavisen.

Berdasarkan UU Norwegia, masa vonis pelaku akan diperpanjang lima tahun sekaligus jika terpidana dianggap berbahaya.

Manshaus juga diharuskan membayar biaya perkara sekitar 21.300 dolar AS (sekitar Rp300 juta). Selain itu, ia juga akan membayar ganti rugi kepada ibu saudara tirinya sekitar 30.000 dolar AS (sekitar Rp422 juta) dan kompensasi 7.500-17.000 dolar AS (sekitar Rp105 - 239 juta) kepada tiga dari mereka yang berada di masjid selama serangan berlangsung.

Editor : Ahmad Islamy Jamil