Terungkap, Rencana Kunjungan Pelosi ke Taiwan Disampaikan Menlu AS kepada China di Bali

Anton Suhartono ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:09:00 WIB
Terungkap, Rencana Kunjungan Pelosi ke Taiwan Disampaikan Menlu AS kepada China di Bali
Rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ternyata sudah diketahui China sejak lama yakni disampaikan Menlu Antony Blinken kepada Wang Yi di Bali bulan lalu (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - China ternyata sudah mengetahui rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan sejak lama. Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken sudah memberi tahu soal rencana tersebut kepada mitranya dari China, Wang Yi.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Blinken mengungkapkan kemungkinan kunjungan Pelosi kepada Wang saat keduanya bertemu di Bali bulan lalu. Mereka saat itu menghadiri pertemuan para menlu anggota G20.

Sumber itu tidak menjelaskan bagaimana pembicaraan saat itu serta hasil yang dicapai.

Rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan diungkap bulan lalu oleh surat kabar Financial Times (FT). Setelah itu China memberikan respons tegas dengan mengancam akan mengerahkan kekuatan militer, meskipun belum ada pernyataan resmi dari pemerintah AS. 

China kemungkinan langsung memberikan respons tersebut karena sudah mengetahui soal rencana kunjungan Pelosi berdasarkan percakapan Blinken dan Wang di Bali.

Lebih lanjut sumber tersebut mengatakan, Blinken tidak punya rencana bertemu dengan Wang di sela KTT ASEAN yang berlangsung di Kamboja pekan ini. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda