Terus Kecam Iran, Trump: Mereka Provokator Teror Nomor Satu

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 09:51 WIB
Terus Kecam Iran, Trump: Mereka Provokator Teror Nomor Satu

Presiden AS Donald Trump. (FOTO: AFP / Nicholas Kamm)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Donald Trump mengatakan Iran akan bertemu dengan "kekuatan besar" jika berusaha mengutak-atik kepentingan Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah. Hal ini, kata dia, karena Iran sudah sangat bermusuhan dengan AS.

Kepada wartawan ketika meninggalkan Gedung Putih untuk menghadiri acara di Pennsylvania, Trump mengatakan bahwa dia bersedia melakukan pembicaraan dengan Iran "ketika mereka siap". Namun dia menegaskan tidak akan ada diskusi apa pun untuk saat ini.

Pernyataan Trump ini muncul setelah Iran memperingatkan AS untuk memperlakukan Iran dengan hormat, bukan melontarkan ancaman perang; setelah Trump mengancam akan menghabisi negara itu.

"Dengan Iran, kita akan melihat apa yang terjadi," kata Trump, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (21/5/2019).

"Tapi mereka sangat bermusuhan. Mereka benar-benar menjadi provokator teror nomor satu."

"Saya pikir Iran akan membuat kesalahan besar jika mereka melakukan sesuatu. Jika mereka melakukan sesuatu, hal itu akan disambut dengan kekuatan besar, tetapi kami tidak memiliki indikasi bahwa mereka akan melakukannya," ujar Trump.

"Kami tidak punya pilihan," kata Trump, menambahkan.

Trump memperingatkan para pemimpin Iran untuk tidak menyerukan adanya pembicaraan kecuali mereka siap untuk bernegosiasi.


Editor : Nathania Riris Michico