Thailand Cabut Jam Malam Nasional Setelah 21 Hari Bebas Kasus Corona Lokal

Anton Suhartono ยท Senin, 15 Juni 2020 - 14:21 WIB
Thailand Cabut Jam Malam Nasional Setelah 21 Hari Bebas Kasus Corona Lokal

Thailand resmi mencabut jam malam nasional setelah tak ada kasus penularan lokal virus corona dalam 21 hari terakhir (Foto: AFP)

BANGKOK, iNews.id - Thailan resmi mencabut jam malam secara nasional, Senin (15/6/2020), setelah diberlakukan selama 2 bulan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pencabutan dilakukan setelah negara itu tak mendapatkan kasus baru Covid-19 untuk penularan lokal selama 21 hari terakhir.

Aktivitas warga secara berangsur kembali normal, termasuk restoran yang bisa menjual minuman beralkohol. Beberapa fasilitas lain juga boleh beroperasi dengan syarat membatasi jumlah pengunjung.

Thailand merupakan negara pertama di luar China yang melaporkan kasus virus corona, yakni pada 13 Januari. Namun Thailand dengan segala program pencegahannya mampu terhindar dari dampak parah.

Negara dengan populasi sekitar 70 juta jiwa dan berbatasan langsung dengan China tersebut mengonfirmasi 3.135 kasus, sebanyak 58 di antaranya meninggal. Sejauh ini 2.987 pasien dinyatakan sembuh.

Sementara itu, tempat lain yang bisa memulai lagi aktivitas adalah mulai Senin adalah sekolah yang memiliki murid di bawah 120 orang, museum, konser musik, produksi film, taman bermain, taman hiburan, serta kompetisi olahraga namun tak boleh dihadiri penonton. Pub, bar, dan rumah karaoke tetap tutup.

Thailand tak mendapati kasus penularan lokal selama 3 pekan, namun ada kasus impor. Mereka dinyatakan positif saat berada di karantina, sehingga belum berinteraksi dengan orang lain.

Editor : Anton Suhartono