Tim Ahli Internasional Tiba di China 14 Januari untuk Selidiki Asal Usul Wabah Corona

Anton Suhartono ยท Senin, 11 Januari 2021 - 13:36:00 WIB
Tim Ahli Internasional Tiba di China 14 Januari untuk Selidiki Asal Usul Wabah Corona
Tim ahli internasional di bawah WHO akan tiba di China pada 14 Januari untuk memulai penyelidikan asal muasal Covid-19 (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Tim ahli internasional di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan tiba di China pada 14 Januari untuk menyelidiki asal muasal pandemi Covid-19.

Tim yang terdiri dari 10 orang itu seharusnya tiba pekan lalu namun ditunda karena belum mendapat izin dari otoritas China. Kementerian Luar Negeri China menyebut ada kesalahpahaman mengenai jadwal tibanya para pakar.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), dalam keterangannya, Senin (11/1/2021), tidak menjelaskan apa saja agenda para ahli tersebut selama berada di China. Hal yang jelas mereka akan mengunjungi Wuhan, kota asal muasal ditemukannya wabah virus corona.

China dituduh menutup-nutupi wabah ini pada masa awal yakni pada Desember 2019 sehingga menyebar ke seluruh dunia.

Amerika Serikat menyerukan penyelidikan transparan yang dipimpin WHO, namun sempat ditolak China. Negara itu beralasan mereka lah yang berhak melakukan penelitian pendahuluan.

Menjelang tibanya tim internasional, China berusaha membuat narasi mengenai teori kapan dan di mana pandemi dimulai. Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan, semakin banyak penelitian yang menunjukkan wabah virus corona muncul di berbagai wilayah.

Editor : Anton Suhartono