Tsunami Covid di India, 8 Ekor Singa Ikut Terpapar Corona

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 16:20:00 WIB
Tsunami Covid di India, 8 Ekor Singa Ikut Terpapar Corona
Ilustrasi 8 ekor singa di kebun binatang India positif Covid-19 (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Delapan ekor singa Asia koleksi kebun binatang Taman Zoologi Nehru, Negara Bagian Hyderabad, India, positif Covid-19. Ini merupakan kasus positif Covid-19 pertama melibatkan hewan di India.

Siddhanand Kukrety, kurator dan direktur kebun binatang Hyderabad mengatakan, singa-singa tersebut menunjukkan gejala Covid-19. Dia masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait hasil tes yang dilakukan Centre for Cellular & Molecular Biology (CCMB).

Meski demikian, kata Kukrety, kondisi delapan ekor singa itu baik. CCMB akan melakukan penyelidikan secara rinci terhadap sampel sekuensing genom untuk mendalami apakah strain tersebut berasal dari manusia atau bukan.

Bulan lalu, beberapa penjaga kebun binatang memberi tahu tim dokter hewan bahwa singa-singa itu mengalami batuk, mengeluarkan cairan dari hidung, dan tidak nafsu makan.

Dampak dari laporan ini, kebun binatang ditutup untuk pengunjung. Apalagi, sekitar 25 karyawan kebun binatang juga dinyatakan terpapar virus corona. Kebun binatang seluas 380 hektare itu memiliki lebih dari 1.500 koleksi hewan.

Ini bukan kejadian pertama virus corona menginfeksi kucing besar. Pada April 2020, delapan singa dan harimau Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat, dinyatakan positif Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyatakan, virus corona dapat menyebar dari manusia ke hewan jika terjadi kontak dekat di antara mereka.

Editor : Anton Suhartono