Usai Bikin Tegang China-Taiwan, Ketua DPR AS Pelosi Kini Obok-Obok Korut-Korsel

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 12:44:00 WIB
Usai Bikin Tegang China-Taiwan, Ketua DPR AS Pelosi Kini Obok-Obok Korut-Korsel
Ketua DPR AS Nancy Pelosi. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id – Ketua DPR AS Nancy Pelosi bertemu Ketua DPR Korea Selatan, Kim Jin Pyo, di Seoul, Kamis (4/8/2022). Dalam kesempatan itu, keduanya berjanji untuk bersama-sama mempertahankan pencegahan yang kuat terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara.

Lewat pernyataan bersama, mereka mengungkapkan keprihatinan atas ancaman nuklir dan rudal yang berkembang dari Pyongyang. Karena itu, Pelosi dan Kim juga bersumpah untuk melucuti program nuklir Korut.

Pelosi tiba di Korsel pada Rabu (3/8/2022) malam, setelah singgah di Taiwan. Sesampainya di negeri ginseng, dia berjumpa para pejabat Kedutaan Besar AS di Seoul, hari ini, sebelum menggelar pembicaraan dengan Kim dan anggota parlemen Korsel lainnya.

Menurut rencana, Pelosi juga akan mengunjungi Area Keamanan Bersama di dekat perbatasan Korsel dan Korut. Area tersebut dijaga ketat dan dipatroli bersama-sama oleh Komando PBB yang dipimpin Amerika Serikat dan Korea Utara. Rencana kunjungan Pelosi ke lokasi itu diungkapkan oleh seorang pejabat Korea Selatan kepada The Associated Press.

Jika agenda itu berjalan sesuai yang direncanakan, Pelosi bakal menjadi pejabat tertinggi AS kedua yang mengunjungi area itu. Sebelumnya, mantan Presiden AS Donald Trump juga pernah ke sana saat bertemu Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 2019.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda