Viral Biawak Besar Panjat Pagar Rumah di Malaysia, Dikira Ada Penyerbuan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 06 Juli 2019 - 06:02:00 WIB
Viral Biawak Besar Panjat Pagar Rumah di Malaysia, Dikira Ada Penyerbuan
Biawak panjat pagar rumah warga di Malaysia (Foto: The Star)

MALAKA, iNews.id - Foto seekor biawak berukuran besar memanjat pagar rumah di Malaysia menjadi viral. Belum diketahui pasti di mana kejadian itu.

Namun banyak warganet di Negeri Jiran berspekulasi bahwa biawak itu merupakan penghuni taman nasional di Malaka yang kabur dan masuk rumah warga.

Mengomentari foto viral ini, pejabat dinas pertanian setempat, Norhizam Hassan Baktee, menepis bahwa wilayah Malaka berada dalam serangan 'Godzila'.

"Saya mendapat telepon pukul 02.00 pagi yang menyebutkan bahwa biawak memasuki rumah di sini. Saya mengecek ke departemen taman nasional dan suaka margasatwa negara bagian serta lembaga terkait lainnya, tapi tidak ada laporan yang diterima," katanya, dikutip dari The Star, Jumat (4/7/2019).

Norhizam mengatakan, Sungai Malaka memang menjadi rumah bagi banyak populasi biawak. Warga diminta melapor ke ke petugas Pertahanan Sipil atau Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan jika mendapati reptil itu masuk rumah.

"Gambar-gambar viral dari biawak memanjat pagar rumah yang dikirim kepada saya mungkin dari negara bagian lain," katanya.

Lebih lanjut dia mengaku tidak keberatan mendapat telepon pada dini hari. Namun dia berharap agar pelapor mengecek terlebih dulu pesan yang mereka terima di media sosial, sebelum membuat kesimpulan.

Editor : Anton Suhartono