Vladimir Putin: Rusia Tak Mungkin Bisa Diisolasi dari Dunia

Anton Suhartono ยท Senin, 18 Juli 2022 - 19:25:00 WIB
Vladimir Putin: Rusia Tak Mungkin Bisa Diisolasi dari Dunia
Vladimir Putin menegaskan Rusia tak akan bisa diisolasi dari dunia (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Vladimir Putin menegaskan Rusia tidak mungkin diputus dari pergaulan dunia. Meski demikian Rusia terus berupaya menjadi negara mandiri.

Rusia dikucilkan, terutama oleh negara Barat, setelah invasi ke Ukraina pada 24 Februari. Serangkaian sanksi dijatuhkan kepada Rusia, termasuk mengincar individu. Bahkan harta oligarki Rusia yang berada di luar negeri dibekukan dan disita.

Menurut Putin, Rusia harus fokus pada pengembangan teknologi mandiri serta mendukung perusahaan untuk bisa tumbuh cepat.

"Jelas, kita tidak bisa berkembang dalam kondisi terisolasi dari bagian dunia lainnya, tapi kita tidak akan mengalaminya. Di dunia sekarang ini, Anda tidak bisa hanya melingkari segala sesuatu dengan kompas kemudian memasang pagar besar, itu tidak mungkin," kata Putin, dikutip dari Reuters, Senin (18/7/2022).

Rusia membalas serangkaian sanksi negara Barat dengan memangkas pasokan energi ke Eropa. Sebelum itu Rusia juga memberlakukan skema pembayaran menggunakan mata uang rubel kepada negara-negara yang dianggap tak bersahabat.

Perusahaan gas Rusia Gazprom mengurangi pasokan gas ke Jerman sejak Juni lalu, namun terkait kendala teknis. Sebelum itu Rusia juga memutus pasokan gas ke Finlandia, Polandia, Bulgaria, Orsted Denmark, Austria, Slovakia, serta perusahaan Belanda GasTerra dan raksasa energi Shell untuk kontrak gas di Jerman. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda