Wah, Ukraina Kerahkan Rudal S-300, Tank dan Peluncur Roket ke Bandara dan Dekat Donetsk

Anton Suhartono ยท Selasa, 22 Februari 2022 - 20:49:00 WIB
Wah, Ukraina Kerahkan Rudal S-300, Tank dan Peluncur Roket ke Bandara dan Dekat Donetsk
Ukraina dilaporkan menyebar sistem pertahanan udara ke bandara serta kendaraan tempur ke dekat Donetsk (Foto: Reuters)

DONETSK, iNews.id - Angkatan Bersenjata Ukraina dilaporkan menyebar sistem pertahanan udara dekat bandara internasional di Ibu Kota Kiev, Kharkiv, dan Dherkasy.

Eduard Basurin, juru bicara militer Republik Rakyat Donetsk (DPR), kelompok pemberontak yang memproklamirkan kemerdekaan atas Ukraina, mengatakan hasil pemantauan intelijennya ada pergerakan pasukan dan kendaraan tempur, termasuk rudal-rudal.

“Intelijen kami mencatat pergerakan kolom unit resimen rudal anti-pesawat Ukraina yang dipersenjatai dengan rudal S-300 dan BUK-M1, mengambil posisi awal di dekat bandara internasional Kota Kiev, Kharkiv dan Cherkasy. Tidak menutup kemungkinan akan ada provokasi terhadap pesawat penumpang," kata Basurin, dikutip dari Sputnik, Selasa (22/2/2022).

Bukan hanya itu, DPR juga mendeteksi pergerakan tank dan kendaraan peluncur roket BM-21 Grad oleh Ukraina di dekat Kota Mariupol wilayah sebelah selatan Donetsk yang dikuasai Ukraina.

“Pergerakan delapan tank dan lima BM-21 Grad terekam dari darat di kawasan Hurzuf ke Mariupol, dari sana artileri roket bisa menjalankan tugas menembak ke wilayah DPR,” tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda