WHO Perkirakan Imunisasi Vaksin Covid-19 Baru Meluas Paling Cepat Pertengahan 2021

Anton Suhartono ยท Jumat, 04 September 2020 - 21:09 WIB
WHO Perkirakan Imunisasi Vaksin Covid-19 Baru Meluas Paling Cepat Pertengahan 2021

Margaret Harris (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan imunisasi Covid-19 baru akan meluas secara global paling cepat pertengahan 2021, meskipun ada harapan Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara akan memulai dalam beberapa pekan mendatang.

Badan PBB itu menyambut baik beberapa calon vaksin telah memasuki uji coba Fase 3 atau tahap akhir, melibatkan puluhan ribu relawan. Namun tampaknya penyebarannya baru bersifat lokal.

"Kami mengetahui setidaknya enam hingga sembilan (kandidat vaksin) yang sudah menempuh perjalanan cukup jauh melalui penelitian," kata Juru Bicara WHO, Margaret Harris, Jumat (4/9/2020).

Harris menegaskan, secara realistis WHO masih melihat vaksinasi baru bisa dinikmati secara merata di seluruh dunia paling cepat pertengahan tahun depan.

Sesuai prosedur, penyelenggara uji coba harus menunggu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, untuk memverifikasi serta memastikan kandidat vaksin mereka benar-benar aman dan efektif. Namun karena pandemi virus corona terus memakan korban, ada tekanan besar untuk meluncurkan vaksin lebih cepat dari kondisi normal.

Pemerintah federal AS telah mendesak semua negara bagian bersiap-siap untuk peluncuran vaksin virus corona potensial pada akhir Oktober atau November. Muncul dugaan peluncuran vaksin dibuat terburu-buru terkait pemilihan presiden, sehingga menguntungkan secara politis.

Namun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) meningkatkan kemungkinan vaksin sudah cukup aman diberikan meskipun uji coba tahap akhir belum rampung.

Editor : Anton Suhartono