WHO Tegaskan Status Covid-19 Tetap Darurat Global, Kasus Naik 30 Persen dalam 2 Pekan

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 21:32:00 WIB
WHO Tegaskan Status Covid-19 Tetap Darurat Global, Kasus Naik 30 Persen dalam 2 Pekan
WHO menegaskan status Covid-19 tetap darurat global hampir 2,5 tahun sejak pertama ditetapkan (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan Covid-19 tetap berstatus darurat global, memasuki hampir 2,5 tahun sejak pertama kali diumumkan. Kasus infeksi virus corona di dunia melonjak signifikan dalam beberapa pekan terakhir. 

Komite Darurat WHO, terdiri atas para ahli independen, menyatakan selain lonjakan kasus infeksi, virus corona masih terus berevolusi. Selain itu adanya tekanan pada layanan kesehatan di sejumlah negara mengindikasikan situasi Covid-19 masih darurat.

Data yang masuk ke WHO menunjukkan ada peningkatan kasus sebesar 30 persen dalam 2 pekan terakhir. 

Di sisi lain, kata Komite, meningkatnya herd immunity yang umumnya dipicu vaksinasi, berbuah pada menurunnya kasus rawat inap dan kematian.

Sementara itu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menerima saran Komite Darurat agar status Covid-19 tetap darurat global.

Badan kesehatan PBB itu pertama kali menyatakan Covid-19 sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional pada 30 Januari 2020. Penerapan status ini berperan dalam mempercepat penelitian, pendanaan, serta langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya untuk mengatasi wabah.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda