Xi Jinping: China dan AS Sama-Sama Bertekad Kurangi Kesalahpahaman

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 19 November 2022 - 15:48:00 WIB
Xi Jinping: China dan AS Sama-Sama Bertekad Kurangi Kesalahpahaman
Presiden China Xi Jinping. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Presiden China Xi Jinping menyatakan harapannya bahwa negaranya dan AS akan bersama-sama mengurangi kesalahpahaman dan mengembalikan hubungan ke jalur yang stabil. Hal itu diungkapkannya selama pertemuan singkat dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, akhir pekan ini. 

China Central Television (CCTV) melaporkan, Xi berbicara kepada Harris di sela-sela konferensi para pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand, Sabtu (19/11/2022). Dalam kesempatan tersebut, Xi mengatakan, pertemuannya baru-baru ini dengan Presiden AS Joe Biden di Bali pada KTT G20 bersifat strategis dan konstruktif. 

Pertemuan itu menurutnya juga memiliki makna penting yang akan menuntun hubungan China dan Amerika Serikat ke tahap selanjutnya. “(Beijing dan Washington DC) akan lebih meningkatkan saling pengertian, mengurangi kesalahpahaman dan salah penilaian, dan bersama-sama mendorong hubungan China-AS kembali ke jalur yang sehat dan stabil,” ungkap Xi.

Pada gilirannya, Harris mengatakan bahwa AS tidak mencari konfrontasi atau konflik dengan Beijing. Politikus Partai Demokrat itu berpendapat, kedua negara harus bekerja sama dalam masalah global dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda