Yoshihide Suga Resmi Terpilih Menjadi Perdana Menteri Jepang Gantikan Shinzo Abe

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 16 September 2020 - 12:27 WIB
Yoshihide Suga Resmi Terpilih Menjadi Perdana Menteri Jepang Gantikan Shinzo Abe

Yoshihide Suga terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru menggantikan Shinzo Abe. (foto: SCMP)

TOKYO, iNews.id - Parlemen Jepang resmi memilih Yoshihide Suga sebagai perdana menteri baru menggantikan Shinzo Abe. Suga diharapkan tetap berpegang pada kebijakan yang diperjuangkan Abe selama masa jabatannya.

"Berdasarkan hasil pemilihan, majelis memutuskan untuk menunjuk Yoshihide Suga sebagai perdana menteri," kata ketua majelis rendah, Tadamori Oshima, dikutip dari AFP, Rabu (16/9/2020).

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Suga menang mudah dalam pemungutan suara di parlemen. Pria 71 tahun meraih 314 suara dari 426 surat suara sah yang diberikan majelis rendah di parlemen.

Terpilihnya Suga tak terlepas dari kekuatan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa memegang mayoritas anggota dengan mitra koalisinya di parlemen Jepang.

Suga segera memberikan salam penghormatan dengan membungkukan badan setelah dipastikan terpilih sebagai perdana menteri Jepang yang baru.

Dia diperkirakan akan mengumumkan susunan kabinetnya pada Rabu (16/9/2020) malam waktu setempat. Media lokal setempat melaporkan Suga kemungkinan besar akan mempertahankan komposisi menteri dari pemerintahan Abe.

Sebelum pemilihan di parlemen, Suga mengatakan jika resmi terpilih menjadi perdana menteri Jepang prioritas utamanya adalah mencegah penyebaran infeksi Covid-19 serta memulai pemulihan ekonomi Jepang serta berjanji melakukan program kebijakan Abe.

Editor : Arif Budiwinarto