150 Ton Sampah Diangkat dari Sungai Cikarang Hilir Bekasi, Ini Penampakannya

Jonathan Simanjuntak ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:28:00 WIB
150 Ton Sampah Diangkat dari Sungai Cikarang Hilir Bekasi, Ini Penampakannya
Petugas membersihkan Sungai Cikarang Hilir, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Bekasi yang dipenuhi sampah. (Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak)

BEKASI, iNews.id - Dinas Lingkungan Hidup bersama Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstrukai Kabupaten Bekasi melakukan pembersihan sampah di Sungai Cikarang Hilir, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi. Kegiatan bertajuk Gerakan Aksi Amankan Sampah Sungai Polusi Lingkungan (GASS POL) yang dilaksanakan tiga hari tersebut mengangkut 150 ton sampah dari sungai.

“Kegiatan pembersihan sampah di Sungai Cikarang Hilir yang berlangsung sejak tanggal 3-6 Agustus 2022 ini sangat luar biasa, volume sampah yang berhasil kita angkut dari sungai diperkirakan sebanyak 150 ton," ucap Rahmat Atong dikutip Selasa (9/8/2022).

Dia menambahkan, pembersihan sungai pun secara rinci dilakukan di Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi sepanjang 500 meter. Kemudian lainnya di Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi yang berbatasan dengan Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin sepanjang 300 meter.

"Untuk mengangkut sampah sebanyak itu, kita mengerahkan satu unit alat berat long arm dari Dinas SDABMK dan 15 armada truk sampah serta melibatkan lebih dari 15 orang dari Tim Biyawak, UPT DLH," ucap dia.

Menurutnya, banyaknya sampah yang dapat diangkut selama tiga hari menjadi tanda masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Oleh karenanya dia meminta warga untuk tidak membuah sampah lantaran dapat memicu terjadinya bencana yang dapat merugikan masyarakat.

"Kita berharap agar masyarakat Kabupaten Bekasi semakin mengerti dan memahami dampak yang terjadi dari kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai. Semoga kegiatan ini sekaligus mengedukasi masyarakat bagaimana gambaran kondisi sungai jika membuang sampah tidak pada tempatnya," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda