Abu Janda dkk Bakal Geruduk Balai Kota, Bang Japar Siap Bela Anies

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 12:16 WIB
Abu Janda dkk Bakal Geruduk Balai Kota, Bang Japar Siap Bela Anies

Organisasi Bang Japar siap bela Anies di depan Balai Kota Jakarta, Selasa (14/1/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kelompok demonstran yang digalang Abu Janda, Nyai Dewi Tanjung, Effendi Achmad, dan Sisca Rumondor akan berunjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari ini. Aksi yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.00 WIB itu menuntut Gubernur Anies Baswedan mundur dari jabatannya lantaran banjir yang melanda Ibu Kota beberapa waktu lalu.

Menanggapi rencana kelompok itu, salah satu organisasi pendukung Gubernur Anies Baswedan, Kebangkitan Jawara dan Pengacara Jaga Jakarta (Bang Japar), juga berencana menggelar aksi di waktu dan tempat yang sama. Aksi mereka nanti bakal memberikan dukungan terhadap pemerintahan Anies di Ibu Kota.

“Memberi dukungan kepada Pemprov dan Gubernur DKI untuk terus fokus kepada penanganan banjir dan terus melanjutkan program-program penanggulangan banjir,” kata Ketua Umum Bang Japar, Fahira Idris, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Fahira mengklaim selama Anies menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta, penanganan masalah banjir justru membaik. Menurut dia, Anies selalu bisa diandalkan bila dibandingkan dengan kepemimpinan gubernur-gubernur terdahulu.

“Jika mau kita sandingkan data-data banjir, dapat terlihat jelas kok sejauh mana program pencegahan yang telah dilakukan Pemprov DKI saat ini dibandingkan dengan sebelumnya,” ucap Fahira.

Indikator penangan banjir yang menurun itu, kata dia, bisa dilihat dari kawasan yang terdampak banjir besar pada awal 2020 serta jumlah warga yang terdampak. Bila disandingkan dengan data terdahulu, jumlah kawasan dan pengungsi akibat banjir Jakarta tahun ini menurun. Kendati demikian, Fahira tidak menjelaskan lebih perinci perbandingan data tersebut.

“Parameternya bisa dilihat dari kecamatan terdampak, kelurahan terdampak, warga terdampak, jumlah pengungsian, lama genangan, dan lainnya yang jauh berkurang,” ujarnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil